Cara merawat barang antik

Cara merawat barang antik

Barang antik dapat memiliki nilai yang sangat istimewa bagi kita; Dalam seri dua bagian ini, kami memberi Anda tip tentang cara merawat mereka. Betapa menyenangkan untuk bersantai di kursi goyang antik yang diturunkan kepada Anda dari generasi ke generasi atau menampilkan pemutar musik kuningan cantik yang berhasil Anda dapatkan setelah berjam-jam menjelajahi jalur Chor Bazaar. Merawat harta ini dengan baik akan memastikannya terus memberi Anda kegembiraan selama bertahun-tahun yang akan datang. Meskipun perawatan yang tepat dapat menjaga barang antik Anda dalam kondisi prima selama berabad-abad, restorasi harus selalu ditangani oleh ahlinya.

Mebel kayu:

Tips perawatan mebel kayu kami ambil dari situs mabosbet. Furnitur antik sangat rentan terhadap kondisi lingkungan. Jangan letakkan furnitur antik Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung, dekat dengan sumber panas atau ventilasi AC, dan jauhkan dari area yang panas dan kering saat menyimpan. Bersihkan dan gosok barang antik Anda sesering mungkin dengan kain tidak berbulu untuk menjaga kilau dan menghilangkan tumpahan cairan dengan segera.

Poles kayu paling banyak setahun sekali dengan menggunakan semir furnitur berbahan dasar lilin lebah secukupnya (lihat cerita kami ‘Cara merawat furnitur kayu Anda’).

Jangan pernah menggunakan semir berbahan silikon dan selalu gosok searah seratnya. Gunakan hanya lilin di sepanjang sisi laci yang macet untuk meredakan gesekan dan selalu gunakan tatakan gelas atau alas di atas meja makan antik yang biasa digunakan.

Kayu antik juga dipengaruhi oleh jumlah kelembaban di udara dan perubahan tingkat kelembaban menyebabkan kayu mengembang dan berkontraksi. Udara kering menyebabkan kayu menyusut dan membelah sepanjang butiran sementara tingkat kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan jamur dan infestasi serangga. Bergantung pada iklim tempat Anda tinggal, gunakan pelembab udara atau de-humidifier untuk menjaga tingkat kelembapan optimal 45-55%. Belilah higrometer yang baik untuk memantau suhu dan tingkat kelembapan ruangan.

Barang Antik Logam:

Barang antik logam atau bagian logam pada furnitur antik akan mengembangkan patina lembut seiring waktu yang benar-benar menambah keindahan. Menghapus noda berat harus diserahkan kepada seorang profesional. Peralatan perak antik harus dicuci dengan air sabun yang panas dan segera dikeringkan dengan kain lembut (lihat cerita kami ‘Cara merawat peralatan makan’). Simpan peralatan makan Anda di lingkungan bebas kelembaban dalam kantong flanel dan jangan pernah membungkusnya dengan koran atau plastik.

Jika Anda memutuskan untuk memoles logam antik Anda, selalu gunakan cat yang bebas bahan kimia dan ramah lingkungan pada logam antik termasuk perunggu, kuningan, dan tembaga. Pewter sangat rentan terhadap penyok dan goresan dan harus ditangani dengan sangat hati-hati. Jauhkan dari bahan abrasif seperti bantalan scrub atau sikat gigi saat membersihkan dan jangan biarkan mengering setelah dicuci. Sering-seringlah mengoleskan barang antik Anda dengan kain lembut.

Porselen, Keramik dan Tembikar:

Porselen, keramik, dan tembikar sangat halus dan kemungkinan pecah secara tidak sengaja lebih tinggi. Saat menangani dan memindahkan jenis barang antik ini, selalu pegang bagian utama tubuh dan jangan pernah yang ekstrem seperti pegangannya karena ini adalah titik terlemah (lihat cerita kami ‘Pretty like porcelain’ untuk tip tentang cara menata meja makan dengan porselen).

Dalam hal membersihkannya, jauhi pembersih kimia komersial. Rendam objek secara perlahan dalam air hangat dengan sedikit sabun cair bebas deterjen, lalu gunakan spons lembut untuk menyeka permukaan. Tembikar lebih keropos dan sebaiknya hanya dibersihkan dengan kain lembut dan lembab. Saat memajang barang antik ini, simpanlah di lemari kaca tertutup.

Sinar matahari langsung, kelembapan, dan perubahan suhu biasanya tidak berpengaruh pada kaca antik, porselen, dan keramik, tetapi perlu diingat bahwa jika telah diperbaiki, cahaya terang dan air dapat melemahkan atau menodai perekat yang digunakan. Pajang atau simpan tembikar antik di lingkungan bebas kelembapan karena lebih berpori. Untuk noda ringan pada kaca antik seperti botol anggur atau gelas, gunakan larutan lembut cuka dan air (lihat cerita kami ‘Kacamata untuk bar rumah Anda’). Jangan gunakan pembersih berbahan dasar amonia, pembersih kaca komersial atau pemutih rumah tangga; semua penghapusan dan pemulihan noda membandel harus diserahkan kepada ahlinya.